WHAT'S NEW?
Loading...

Alasan Kenapa Tidak Nafsu Makan

Apakah anda pernah merasakan tidak nafsu makan? Pastinya setiap manusia akan pernah merasakan kondisi ketika perut tidak ingin makan atau tidak nafsu untuk mengonsumsi apapun. Ketidak inginkan untuk makan ini bisa juga disebut dengan istilah anoreksia. Khususnya apabila nafsu makan menjadi sangat buruk atau bahkan kehilangan nafsu makan dengan cukup drastis. Kondisi seperti ini biasanya dapat diakibatkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut bisa saja penyakit yang sedang berada dalam tubuh. Dan bisa juga dikarenakan kondisi mental yang sedang down atau buruk. Ulasan pada kali ini akan membahas tuntas tentang nafsu makan yang kurang. Nah untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai ini maka langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Alasan Kenapa Tidak Nafsu Makan

Penyebab Nafsu Makan Memburuk

Bagi orang yang sedang mengalami kurang selera makan tentu biasanya juga akan mengalami penurunan pada berat badannya. Hal ini biasanya juga disebut dengan malnutrisi. Apabila kondisi ini disepelekan dan tidak ditangani dengan baik maka akan menyebabkan kondisi makin memburuk. Nah untuk itu anda pun juga harus tahu apa saja penyeab tidak nafsu makan. Jadi penyebabnya bisa saja karena adanya masalah baik fisik maupun psikis. Namun ada juga beberapa masalah umum yang dapat menyebabkan tidak masuk makan seperti masuk angin, flu, atau juga sembelit.

Penyebab lain yang dapat mengurangi nafsu makan yaitu adanya infeksi pada saluran pernafasan. Kemudian terjadinya infeksi bakteri atau juga virus juga dapat mengurangi nafsu makan. Begitu juga dengan beberapa penyebab lain seperti sakit perut, adanya masalah pada sistem pencernaan, terjadinya refluks asam, mengalami keracunan makanan dan terjadinya gastroenteritis.

Kemudian apabila anda menjalani kehamilan, mengalami hormon yang tidak seimbang, mengalami stres, kemudian akibat efek samping mengonsumsi obat serta penyalahgunaan obat atau yang juga disebut dengan narkotika juga dapat menyebabkan tidak nafsu makan. Penyebab selanjutnya yaitu ketika anda sedang mengalami sariawan, peneumonia, kolitis, infeksi kulit serta meningitis juga dapat menyebabkan kurang nafsu makan.


Kondisi Medis

Penyebab tidak nafsu makan juga dapat terjadi akibat kondisi medis seperti sindrom iritasi yang terjadi pada usus, penyakit crohn, penyakit addison, asma dan juga diabetes. Gangguan medis lainnya adalah penyakit hati, penyakit ginjal kronis, kadar kalsium yang ada didalam darah terlalu tinggi serta terjadinya hiv dan aids. Kemudian juga karena kelenjar tiroid yang sangat aktif atau yang disebut dengan hipertiroidisme.

Gangguan medis yang juga dapat menyebabkan tidak nafsu makan yaitu apabila penderita sedang mengalami penyakit paru paru obstruktif yang sudah kronis. Bisa juga karena gagal jantung, kanker perut, kanker usus besar, kanker ovarium serta kanker pankreas. Lalu demensia, anemia, migrain, gegar otak serta usia juga berpengaruh terhadap kurangnya nafsu makan.

Tidak hanya itu saja ternyata pengonsumsian obat obatan juga dapat mengurangi nafsu makan. Seperti misalnya obat penenang, anitibiotik tertentu, imunoterapi, kemoterapi, terapi radiasi di area perut, baru saja menjalani operasi bedah, pereda nyeri dan bahkan penyalahgunaan narkotik atau obat terlarang. Kondisi mental juga dapat mengurangi nafsu makan seperti depresi, serangan panik, gelisah berlebih, mengalami stres, larut dalam kesedihan, adanya gangguan makan seperti contohnya bulimia anoreksia nervosa.

Apabila anda sedang berada dalam kondisi ini maka sebaiknya anda harus segera melakukan konsultasi terhadap dokter. Agar kondisi tidak makin memburuk dan masalah tidak nafsu makan pun dapat teratasi. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari tidak nafsu makan yang mengidentifikasi adanya beberapa penyakit dalam tubuh.

Deskripsi : tidak nafsu makan biasanya sering dialami oleh setiap orang dan tentu saja anda juga harus tahu apa saja penyebab yang membuat nafsu makan makin memburuk dan hal ini sebaiknya segera ditindak lanjuti.